Ada Perda KTR : Perokok di Tangsel Sekarang Diawasi

Metrobanten, Tangsel – Para penikmat tembakau atau perokok di Tangerang Selatan (Tangsel) saat ini harus waspada dalam merokok di lingkungan publik, sebab Peraturan daerah (Perda) No 4 tahun 2016 tentang pembentukan Satuan tugas Kawasan Tanpa Rokok (Satgas KTR) akan mengawasi para perokok di lingkungan tertentu.

Hal itu terlihat pada saat acara Rapat pembentukan Satgas KTR, yang tercantum dalam Perda Nomor 4 Tahun 2016, di Telaga Seafood, Kecamatan Serpong, Selasa (3/9/2019).

Kepala bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Tangsel, Iin Sofiawati menjelaskan, Satgas ini sangat penting dalam pelaksanaan amanat yang tercantum dalam Perda KTR. Penanggung jawab KTR bertugas untuk melakukan pengawasan internal dan mendorong penegakkan aturan KTR pada tempat yang menjadi tanggung jawabnya.

“Anggota Satgas yang bakal menjadi ujung tombak monitoring pelaksanaan Perwal KTR itu berasal dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD),” ujarnya.

Dilain kesempatan, Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, Pembentukan Satgas itu memang dilakukan tahun sekarang, karena menurutnya, tahun-tahun sebelumnya dilakukan sosialisasi terlebih dahulu ke dinas-dinas terkait.

“Kan kemarin itu ada tahapannya, kita sosialisasi ke stakeholder yang lain. Nah baru tahun ini Dinas Kesehatan sebagai leading sektor akan menindaklanjuti,” ujar Benyamin.

“Tindak lanjutnya bukan saja membentuk satgas, satgas itu baru tahun sekarang, tapi tahun-tahun sebelumnya dilakukan sosialisasi terkait perda itu,” sambungnya.

Benyamin melanjutkan, dengan terbentuknya satgas KTR ini, kita berharap agar kawasan-kawasan pendidikan, perkantoran, pemerintahan, rumah ibadah, dan lain-lain dapat terbebas dari asap rokok.

“Ya yang pasti kita ingin menciptakan Kota Tangsel sebagai Kota sehat,” pungkasnya.

Diketahui, ada tujuh kawasan yang akan diawasi yakni, fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat bermain anak, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja dan tempat umum.
(Dli)

Check Also

Bea Cukai Musnahkan Ratusan Miras dan Ribuan Rokok Elektrik

Post Views: 418 Metrobanten, Bandara – Bea Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) memusnahkan ratusan botol ...