Valentino Rossi Pensiun Dari Balap MotoGP

Valentino Rossi Pensiun Dari Balap MotoGP
Valentino Rossi Pensiun Dari Balap MotoGP.

 

MotoGP – Membentang 26 musim, Rossi adalah salah satu pesaing yang paling dihiasi di World Motorsport, Italia memenangkan rekor tujuh judul kelas utama dan sembilan keseluruhan di seluruh MotoGP, 250cc dan 125cc.

Dari 414 dimulai, Rossi telah mengambil 115 kemenangan Grand Prix, dengan 89 dari mereka yang datang di kelas utama, sedangkan total podium haulnya berada pada 235 pada tahun 2021 TT Belanda.

Setelah kehilangan pabrik Yamaha slot untuk 2021, Rossi terpilih untuk melanjutkan karirnya ke musim ini dengan dukungan dari Yamaha di Petronas SRT – tetapi kampanye sejauh ini adalah yang terburuk, mencetak tiga poin dari sembilan balapan pertama.

Akibatnya, pensiun telah memandang kepastian sejak liburan musim panas – meskipun kemungkinan dia membacanya VR46 Ducati pada tahun 2022 memang muncul, setelah muncul sponsor judul antara tim dan raksasa minyak Saudi Aramco tidak ada.

Pada hari Kamis di GP Styrian – di venue di mana Rossi mengambil podium Grand Prix pertamanya di kelas 125cc pada tahun 1996 – legenda Italia mengumumkan pensiun dari MotoGP.

“Saya katakan selama musim saya mengambil keputusan untuk tahun depan setelah liburan musim panas. Saya memutuskan untuk berhenti pada akhir musim, jadi sayangnya ini akan menjadi musim terakhir sebagai pengendara MotoGP,” kata Rossi dalam pers. Konferensi menjelang GP Styrian untuk mengumumkan keputusannya.

Valentino Rossi Pensiun, Ini Kontroversi dan Perseteruannya dengan Marc  Marquez - Sport Tempo.co

“Sulit, ini adalah momen yang sangat menyedihkan karena sulit untuk mengatakan dan mengetahui bahwa tahun depan saya tidak akan berlomba dengan sepeda motor. Saya telah melakukan ini selama kurang lebih 30 tahun sehingga tahun depan hidup saya akan berubah.

“Tapi bagaimanapun, itu hebat, aku sangat menikmatinya, itu perjalanan panjang, panjang dan itu benar-benar menyenangkan.

“Ini 25 atau 26 tahun di Kejuaraan Dunia. Itu hebat dan aku punya momen tak terlupakan dengan semua timku, dengan semua orang yang bekerja untukku. Jadi aku tidak punya banyak hal untuk dikatakan, hanya ini.”

Pemain berusia 41 tahun itu membuat debut Grand Prix-nya di kelas 125cc pada tahun 1996 dan menjadi juara di divisi tahun berikutnya sebelum melangkah ke kelas 250cc pada tahun 1998 dan memenangkan gelar pada tahun 1999.

Untuk tahun 2000 Rossi ditandatangani oleh Honda ke Satellite NSR500 yang didukung pabrik dan mendominasi kampanye tahun 2001 untuk memenangkan pertama dari tujuh gelar kelas utama.

Untuk era MotoGP empat langkah baru pada tahun 2002 Rossi Rode untuk tim Repsol Honda, memenangkan gelar pada tahun 2002 dan 2003 sebelum membuat goncangan beralih ke Yamaha untuk tahun 2004 setelah hubungannya dengan HRC yang memburuk.

Yamaha belum memenangkan Grand Prix sepanjang tahun 2003, tetapi Rossi mengambil M1 yang telah dirubah menjadi kemenangan dalam balapan pertamanya di atas sepeda di Afrika Selatan setelah duel dengan Max Biaggi dan akan memenangkan gelar.

Rossi adalah juara lagi pada tahun 2005, tetapi kampanye yang sulit pada 2006 dan 2007 melihatnya menyerahkan gelar kepada Honda Nicky Hayden dan Casey Stoner Ducati.

Rossi menambahkan dua judul lagi untuk penghitungannya pada tahun 2008 dan 2009, tetapi gelombang beralih di Yamaha dan kedatangan Jorge Lorenzo pada 2008 menyebabkan meningkatnya ketegangan.

Judul Italia 2010 berharap lenyap ketika dia melanggar kakinya selama latihan untuk GP Italia, dengan Lorenzo akan memenangkan kejuaraan.

Rossi membuat pindah uang besar ke Ducati untuk 2011, tetapi hanya mencetak tiga podium di seluruh kampanye bencana 2011/2012 dan kembali ke Yamaha pada 2013.

Kembali ke Cara Menang di Assen tahun itu, Rossi menang dua kali pada tahun 2014 dan runner-up di kejuaraan sebelum memasang tuduhan untuk gelar 2015 dalam pertempuran pahit dengan rekan setim Yamaha Jorge Lorenzo.

Setelah menuduh Marc Marquez berkonspirasi dengan Lorenzo untuk menyabot judulnya berharap di Australia, aspirasi kejuaraan Rossi berantakan di Malaysia ketika sebuah insiden kontroversial dengan Marquez menjaringnya dari awal Valencia Finale.

Rossi bertarung sampai keempat tetapi Lorenzo dinobatkan sebagai juara. Ini menandai titik balik dalam karir Rossi, penghitungan kemenangannya menyusut dari empat tahun 2015 menjadi hanya dua pada tahun 2016 dan satu pada 2017.

Dan sejak TT Dutch 2017, Rossi telah tanpa kemenangan di MotoGP, sementara podium Haul menyusut dari lima pada 2018 menjadi dua pada 2019, satu pada 2020 dan sejauh ini tidak ada musim ini.

Kepribadian Rossi yang lebih besar dari kehidupan dan persaingan terkenal dengan orang-orang seperti Biaggi, Sete Gibernau, Casey Stoner dan Lorenzo, membantu mendorong MotoGP ke arus utama.

Warisan Italia akan hidup melalui Akademi Riders VR46-nya, yang telah membantu bakat Young Italia, dan tim VR46-nya – yang akan membuat debut MotoGP pada tahun 2022.

Setelah terkenal menggoda dengan sakelar ke Formula 1 pada tahun 2000-an dan mengambil bagian dalam sejumlah acara mobil, Rossi sebelumnya menyatakan keinginan untuk membasmi mesin GT3 setelah karir MotoGP dan berpotensi bersaing di Le Mans 24 jam. (Arsa)

Back to top button