53 Warga di Kelapa Dua Tangerang Positif COVID, Camat Terapkan Penutupan Akses

53 Warga di Kelapa Dua Tangerang Positif COVID, Camat Terapkan Penutupan Akses
Petugas Satgas COVID-19 tingkat kecamatan melakukan pembersihan dengan menyemprotkan cairan disinfektan di satu RW di Tangerang setelah puluhan warga terpapar virus COVID-19. (ANTARA)

 

Metrobanten, Tangerang – Dua kawasan rukun tetangga (RT) yaitu RT 07 dan RT 09, RW 06 di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten menerapkan penutupan sementara akses ke wilayah itu, setelah 53 warganya terkonfirmasi COVID-19.

“Ya, betul ada 53 warga positif COVID-19 yang berasal dari 4 RT di wilayah RW 06. Kasus yang paling banyak ada di RT 07 dan RT 09, sehingga kami lakukan penutupan sementara di dua rukun tetangga itu,” ujar Camat Kelapa Dua, Prima Saras Puspa di Tangerang, Jumat. Dikutip dari laman Antaranews.

Ia menjelaskan, bahwa dengan dilakukan penguncian wilayah di dua RT tersebut merupakan salah satu upaya untuk menekan angka penularan virus corona yang dikhawatirkan akan menyebar lebih luas lagi.

“Jadi penutupan atau lockdown sementara itu inisiatif dari tim Satgas COVID-19 di tingkat RT/RW,” kata Prima.

Baca juga: DPRD Banten: Mundurnya Pejabat Dinkes Diharapkan Tidak Ganggu Pelayanan

Menurutnya, saat ini untuk akses masuk ke lingkungan ke dua RT itu sudah dipasang portal pembatas larangan masuk serta dipasang sepanduk himbauan terkait penularan COVID-19.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga telah menyiapkan bantuan logistik berupa sembako yang dikirim dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tangerang untuk memenuhi kebutuhan warga selama masa pembatasan.

“Upaya lainnya, kita akan melakukan pembersihan dengan cara menyemprotkan cairan disinfektan di seluruh lingkungan RW 06. Selanjutnya melakukan tracing kepada warga,” ujarnya.

Sementara, Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi menyebutkan bahwa awal mula terpaparnya ke 53 warga RW 06 itu setelah melakukan kegiatan kerja bakti dengan lupa tanpa menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi berawal ada beberapa warga yang sakit, kemudian orang itu ikut kegiatan kerja bakti,” katanya.

Setelah itu, warga tersebut melakukan pemeriksaan tes swab di salah satu puskesmas dan hasilnya positif COVID-19. Kemudian, pihaknya langsung menelusuri lebih lanjut dengan cara tracing kepada warga lainnya dan ditemukan sebanyak 53 warga positif.

Baca juga: Bank Banten Raih Penghargaan Ajang Infobank Digital Brand Award 2021

“Sampai sekarang Dinkes Kabupaten Tangerang masih melakukan tracing terhadap ratusan warga di lingkungan RW tersebut,” ujarnya.

Ia mengungkapkan dari total 53 warga yang positif terpapar virus SARS-COV-2 sudah dilakukan isolasi ke Hotel Yasmin di Kabupaten Tangerang.

“Semua sudah dibawa ke Hotel Yasmin untuk diisolasi,” kata dia.

Dengan begitu, jumlah total kasus positif COVID-19 di Kabupaten Tangerang per tanggal (4/6) tercatat sebanyak 10.774 orang, sedangkan pasien yang menjalani perawatan sebanyak 58 orang, pasien isolasi sebanyak 129 orang, pasien sembuh 10.349 orang dan jumlah kasus pasien meninggal sebanyak 238 orang. (red)

Check Also

Kapolri, Jaksa Agung & Menkominfo Tandatangani SKB Pedoman Implementasi UU ITE

Kapolri, Jaksa Agung & Menkominfo Tandatangani SKB Pedoman Implementasi UU ITE

  Metrobanten, Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Menkominfo ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup