5 Jenis Vitamin untuk Tingkatkan Kesuburan agar Cepat Hamil

5 Jenis Vitamin untuk Tingkatkan Kesuburan agar Cepat Hamil
Secara keseluruhan, vitamin penting untuk dikonsumsi, terutama saat mencoba hamill dan selama kehamilan.

 

Metrobanten, Kesehatan – Siapa pun yang sedang berjuang untuk hamil, maka infertilitas akan menjadi perjalan yang sulit dengan berbagai kemungkinan perawatan. Ada beberapa pilihan cara cepat hamil, salah satunya dengan mengonsumsi vitamin yang bisa meningkatkan kesuburan. 

Secara keseluruhan, vitamin penting untuk dikonsumsi, terutama saat mencoba hamill dan selama kehamilan. Vitamin yang perlu dikonsumsi untuk kondisi tersebut adalah vitamin prenatal standar dengan komponen terpenting adalah asam folat. Asupan asam folat harian harus setidaknya 400 – 1000 mcg. 

Jenis Vitamin yang Diperlukan sebagai Cara Cepat Hamil

Untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, penting untuk menjalani pola makan sehat, atau dengan tambahan suplemen vitamin yang direkomendasikan dokter. Bagi kamu yang ingin cepat hamil, namun terkendala akan kekurangan vitamin, maka dengan mengonsumsi suplemen vitamin bisa membantu. 

Baca juga: Menjadi Mualaf, Marcell Siahaan: Allah SWT adalah Yang Mahakokoh dan Loveable

Berikut ini beberapa jenis vitamin yang bisa tingkatkan kesuburan. Namun, pastikan juga kamu sudah bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc tentang vitamin yang dibutuhkan dan cara cepat hamil lainnya berdasarkan nasihat dokter. 

1. Vitamin B

Vitamin B, termasuk B3 (niasin), B9 (asam folat), dan B12. Semua jenis vitamin B berperan penting dalam pembentukan dan berfungsinya sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan anemia, yang terjadi ketika darah memiliki jumlah sel darah merah dan hemoglobin yang sangat rendah. 

Fungsi saraf yang tepat dan energi sel juga bergantung pada tingkat vitamin B yang sehat. Dalam hal kesuburan, B6 dan B9 (asam folat) adalah vitamin B yang paling penting.

2. Vitamin C

Vitamin C paling baik ditemukan melalui buah-buahan dan sayuran, terutama buah jeruk, beri, dan paprika. Vitamin ini membantu menjaga jaringan ikat yang sehat dan penting untuk penyembuhan luka dan fungsi kekebalan tubuh. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang kuat. Sifat antioksidan berperan penting dalam kesuburan. 

Baca juga: Keterbukaan Informasi Jadi Faktor Penting Kesuksesan Penanganan Pandemi

Antioksidan mengurangi dampak negatif radikal bebas, mengurangi kerusakan sel dalam tubuh. Biasanya sering dikombinasikan dengan vitamin E dalam studi penelitian, vitamin C terbukti meningkatkan kesehatan sperma dan menurunkan fragmentasi DNA sperma. 

3. Kalsium

Kalsium adalah mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan fungsi tulang. Di sisi lain, kalsium juga berperan dalam kesehatan jantung, fungsi otot, transmisi saraf, dan keseimbangan hormonal. 

Menurut penelitian, wanita yang mengonsumsi lebih banyak produk susu (yang tinggi kalsium dan diperkaya dengan vitamin D) memiliki kadar vitamin D serum yang lebih tinggi dan berisiko lebih rendah mengalami masalah endometriosis dan ovulasi. Hal ini menyiratkan bahwa kalsium merupakan mineral kesuburan yang penting. 

4. Vitamin D

Vitamin D bisa ditemukan dalam beberapa makanan dan terutama diperoleh melalui paparan sinar matahari. Vitamin D bekerja bersama kalsium untuk menjaga kekuatan tulang. Tetapi vitamin D juga penting untuk pertumbuhan sel, fungsi kekebalan, dan regulasi peradangan dalam tubuh. 

Kadar vitamin D yang rendah berkaitan dengan infertilitas atau kesuburan. Baik organ reproduksi wanita maupun pria mengandung reseptor vitamin D dan enzim pemetabolisme, menunjukkan bahwa vitamin D penting untuk kesuburan yang sehat. Kadar vitamin D yang rendah dikaitkan dengan masalah ovulasi dan peningkatan risiko endometriosis.  

5. Zat Besi

Zat besi adalah mineral yang dibutuhkan untuk pembentukan dan fungsi sel darah yang sehat. Zat besi yang rendah bisa menyebabkan anemia, yang kemudian menyebabkan kemandulan pula. Maka dari itu, zat besi dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan. 

Itulah beberapa vitamin yang perlu dikonsumsi sebagai cara cepat hamil. Kemungkinan masih banyak vitamin lainnya yang bisa meningkatkan kesuburan. Kamu bisa berdiskusi lebih lanjut dengan dokter kandungan. (red)

Check Also

Ada 16 Titik Penyekatan Jalur Mudik di Banten, Ini Lokasinya

Ada 16 Titik Penyekatan Jalur Mudik di Banten, Ini Lokasinya

  Metrobanten, Serang – Pemerintah secara resmi telah mengumumkan bahwa mudik Lebaran dilarang untuk Idul ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup