5 Gaya Hidup yang Cocok Dilakoni Generasi Milenial

5 Gaya Hidup yang Cocok Dilakoni Generasi Milenial
Illustrasi Istimewa.

 

Metrobanten –  Gaya hidup serba instan para generasi milenial, dimana orang-orang menginkan segalanya serba cepat dan serba mudah serta efisien dengan cara-cara yang instan.

Gaya hidup tersebut rasanya sudah tidak menjadi hal yang aneh bagi kehidupan manusia pada saat ini, terutama yang tinggal di perkotaan-perkotaan besar.

Dengan segala mobilitas yang mengharuskan mereka untuk pergi kesana kemari dan bertemu banyak orang, dengan segala kesibukannya tak jarang masyarakat melupakan kebutuhan primer mereka, yaitu makan, ya, tentu tidak dapat di pungkiri lagi bahwa kehidupan yang serba cepat dan mengharuskan mereka berpacu dengan waktu membuat sebagian masyarakat pada umumnya lebih suka untuk mengkonsumsi makanan instan, bahkan tidak hanya perihal makanan, minuman bahkan membeli pakaian serta melakukan transaksi perbankan pun dilakukan dengan instan.

Baca juga: Ketahui Cara Menghadapi Pengidap Gangguan Narsistik di Era Sosmed

Dari kemajuan di berbagai bidang serta perkembangan teknologi yang ada, ada sebagian orang yang memanfaatkan hal tersebut dengan menyediakan layanan jasa kurir online yang melayani berbagai hal, mulai dari makanan, minuman, fashion, serta ojek online, segalanya serba online dan serba di mudakan tentunya, hal sederhana yang tentunya sering kita lakukan contohnya seperti ketika kita lapar, kita tidak perlu repot-repot untuk membeli keluar rumah dan harus antri lama-lama, kita hanya menunggu di rumah tinggal pesan makanan dengan seketika makanan datang. Hmmm tentu mudah bukan,

hal-hal tersebut sering di lakukan oleh generasi milenial saat ini, berbicara tentang generasi milenial, siapa sih generasi milenial itu ? para pakar menggolongkan milenial adalah mereka yang lahir pada tahun 1980-1990 atau pada awal 2000, dan seterusnya. Generasi inilah yang banyak menikmati gaya hidup instan tersebut.

Baca juga: Stres pada Generasi Milenial Bisa Mengancam Kesehatan Jantung

Generasi milenial dikenal juga dengan kebiasaan atau gaya hidup yang diterapkannya. Gaya hidup yang dijalani pun bukan sekedar senang-senang saja dan tidak membawa manfaat. Tapi ada juga gaya hidup yang banyak memberikan perubahan dan pengaruh baik bagi diri sendiri dan juga orang lain di sekitarnya. Seperti apa sih gaya hidup milenial yang tak banyak diketahui dan justru membawa banyak perubahan ke arah positif?

1. Hidup minimalis

Hidup minimalis ini memiliki banyak arti. Dari yang mengoleksi barang bertema klasik dan minimalis, maupun yang benar-benar hanya menggunakan barang yang digunakan dalam hidupnya saja. Banyak alasan yang digunakan manusia di zaman serba maju untuk menjalani hidup minimalis.

Salah satunya yaitu agar benar-benar efektif dan menjadi manusia yang lebih produktif tanpa banyak memikirkan hal yang tidak berguna. Begitupun yang dianut oleh beberapa anak milenial. Mereka cenderung lebih ingin menyibukkan diri dengan hal-hal atau kegiatan produktif daripada sibuk memikirkan ingin membeli barang apa atau mengoleksi barang tertentu. 

2. Bertualang mencari ilmu dan pengalaman

Perkembangan teknologi yang terus membayang-bayangi generasi milenial untuk terus bersaing, membuat banyak dari mereka yang rela menginvestasikan banyak uang untuk menimba ilmu dan menabung pengalaman. Salah satunya yaitu dengan mengikuti banyak acara seperti workshop, seminar, online course maupun sampai dengan pelatihan berbulan-bulan lamanya.

Beberapa dari generasi milenial juga rela menggunakan banyak waktunya untuk melakukan kegiatan yang menambah pengalaman mereka. Misalnya saja saat mereka baru saja lulus kuliah atau sebagai fresh graduate, mereka akan lebih banyak mengambil kesempatan untuk magang di perusahaan ternama. Sekedar mencari ilmu, menambah pengalaman dan juga pertemanan. Hal ini dijadikan modal untuk bisa berkarir lebih baik di masa yang akan datang.

3. Memperluas jaringan pertemanan dan relasi lewat Sosmed

Semua bentuk Sosial media online menjadi gerbang generasi milenial sekarang dan hingga nanti. Selain menambah ilmu dari acara seminar maupun workshop, serta menambah pengalaman kerja dengan mengikuti program magang. Banyak generasi milenial yang memanfaatkan waktunya untuk menjalin pertemanan sehat melalui komunitas yang membawa pengaruh baik.

Misalnya saja komunitas yang sesuai dengan hobi atau passion kita, atau komunitas dengan misi sosial. Komunitas apapun itu selagi membawa banyak kebaikan, tentu akan berpengaruh positif terhadap hidup kita. Terlebih terhadap generasi milenial yang masih sangat membutuhkan relasi pertemanan yang lebih banyak dari biasanya. Dari sinilah kita juga bisa lebih mudah untuk meminta bantuan jika lebih banyak memiliki teman.

4. Hidup sehat dengan olahraga kekinian

Menyadari kesibukan di bidang masing-masing membuat generasi milenial juga melek terhadap kesehatannya. Salah satu yang dilakukannya adalah dengan mengikuti dan rutin melakukan olahraga. Sekalipun sibuk dengan karirnya, mereka tetap memiliki waktu untuk melakukan olahraga kekinian. Terlebih kini tidak sulit bagi mereka untuk mendapatkan akses melakukan olahraga.

Misalnya saja di beberapa kantor atau perusahaan yang menyediakan fasilitas alat dan instruktur olahraga, mereka juga bisa memanfaatkan akhir pekan atau selepas pulang kerja ataupun mengikuti komunitas olahraga yang mampu memacu semangat untuk terus berolahraga. Semakin kita mampu menjaga kesehatan, semakin baik pula kondisi tubuh kita untuk menghadapi persaingan di dunia kerja nantinya.

5. Belanja produk organik dan juga original

Selain semakin sadar pentingnya menjaga kesehatan dengan berolahraga, generasi milenial juga sebagai ambasador bagi kampanye produk organik dan juga produk original. Banyak dari mereka yang rela menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli produk organik, seperti sayuran dan buah-buahan. 

Selain itu, Milenial juga tidak ragu lho untuk berbelanja produk original. Mereka semakin tahu dan jeli membedakan mana barang tiruan dan mana barang yang memang asli. Tak hanya dari fungsi tapi juga dari model, hingga warna sekalipun mereka mampu membedakan dengan sangat baik. Bagi Milenial, membeli produk original berarti menghemat uang karena yang asli pasti lebih awet.

Itu dia sejumlah gaya hidup yang sudah biasa diterapkan Milenial.

Check Also

Anggota DPRD Dorong Pemkot Tangerang Bangun Sarana Utilitas

Anggota DPRD Dorong Pemkot Tangerang Bangun Sarana Utilitas

  MetroBanten, Tangerang – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang menyoroti banyaknya galian di ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup