3 Fasilitas Baru Hadapi New Normal di Bandara Soekarno-Hatta

Metrobanten, Bandara Soetta – Bandara Internasional Soekarno-Hatta menyiapkan layanan ritel di segmen kesehatan guna mendukung penumpang pesawat di tengah pandemi Corona.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, tujuan utama layanan ini adalah membantu penumpang pesawat agar selalu dapat mengedepankan aspek kesehatan.

“Pada prinsipnya kami ingin agar alat pelindung diri seperti masker, hand sanitizerface shield, sampai dengan obat kumur antiseptik dapat dengan mudah didapat di bandara-bandara PT Angkasa Pura II,”ungkapnya dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (16/6/2020).

Baca juga: Tindaklanjuti Ultimatum Jokowi, Kapolri Siap Menangkap Penyeleweng Dana Covid-19

Layanan pertama yang tengah disiapkan adalah vending machine untuk memasarkan APD, seperti masker, face shield, antiseptik mulut dan sarung tangan.

Lalu, layanan kedua adalah digital wayfinding atau mesin peta digital di terminal penumpang, yang difungsikan sebagai media e-commerce untuk pemesanan APD dan obat-obatan.

Baca juga: Bupati Irna Narulita: Inovasi Sangat Penting Tingkatkan Daya Saing Pandeglang

“Sebanyak 21 digital wayfinding ada di Bandara Soetta dan akan ditingkatkan kemampuannya dari saat ini berfungsi menunjukkan area-area di terminal, menjadi juga bisa digunakan untuk pemesanan APD atau obat-obatan, untuk kemudian diantar ke pemesan,” kata Awaluddin.

Sementara, layanan ketiga adalah health center yang merupakan tempat bagi calon penumpang pesawat dapat melakukan rapid test atau PCR test, serta layanan medical check up dan menyediakan produk kesehatan atau farmasi atau APD.

Health center ini merupakan kolaborasi PT Angkasa Pura II, maskapai dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kementerian Kesehatan, untuk menekan risiko penyebaran covid-19 melalui tes yang dilakukan kepada penumpang pesawat.

Ketiga layanan ini akan diluncurkan dalam waktu dekat di Soekarno-Hatta, kemudian menyusul di bandara lainnya. (red)

Check Also

Polri Pastikan Beredarnya Video Rusuh Demo Tanggal 24 Juli itu Hoaks

Polri Pastikan Beredarnya Video Rusuh Demo Tanggal 24 Juli itu Hoaks

  Metrobanten, Jakarta – Beredar video aksi unjuk rasa yang berujung kerusuhan dengan menarasikan bahwa ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup