Ketahui Cara Menghilangkan dan Mencegah Bau Mulut

Metrobanten, Kesehatan – Meski terdengar seperti masalah yang ringan, bau mulut bisa jadi serius jika membuat Anda tidak percaya diri ketika bicara dengan orang lain. Tidak perlu risau, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan dan mencegah bau mulut.

Bau mulut bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga dengan baik. Bila gigi dan mulut tidak dibersihkan secara rutin, bakteri akan berkembang biak di dalam mulut dan memecah sisa makanan di sela-sela gigi. Proses pemecahan ini akan menghasilkan gas berbau tidak sedap yang menyebabkan bau mulut.

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri Sidak Pasar Tanah Abang dan Bandara Soetta Cek Kesiapan New Normal

Selain itu, bau mulut juga bisa muncul akibat mulut kering, konsumsi makanan yang berbau menyengat, minum minuman beralkohol, merokok, atau infeksi pada hidung, rongga sinus, mulut, maupun tenggorokan.

Solusi Tepat Menghilangkan dan Mencegah Bau Mulut

Mulut yang segar dan bebas dari bau tidak sedap bisa didapatkan dengan cara yang sederhana, asalkan dilakukan dengan konsisten. Berikut adalah cara-caranya:

1. Bersihkan gigi dan lidah secara rutin

Rutin membersihkan gigi dan lidah merupakan langkah sederhana namun efektif untuk menghilangkan dan mencegah bau mulut. Sikatlah gigi setidaknya 2 kali sehari atau setiap sehabis makan. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Lidah bisa menjadi tempat menumpuknya bakteri penyebab mulut bau. Jadi, jangan lupa untuk membersihkan lidah Anda. Gunakan kerokan lidah atau sikat gigi berbulu halus untuk membersihkan lidah. Gosok permukaan lidah secara lembut. Jangan menggosoknya terlalu keras karena dapat menyebabkan lidah terluka.

Baca juga: Bupati A. Zaki Iskandar Ajak Seluruh Dirut Rumah Sakit Di Kabupaten Tangerang Diskusi Bahas Covid-19

Plak di sela-sela gigi bisa saja tidak terjangkau oleh sikat gigi. Oleh karena itu, Anda juga disarankan untuk membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi (dental floss) setidaknya 1 kali sehari. Selain itu, jangan lupa untuk rutin memeriksakan gigi dan mulut ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

2. Berkumur dengan obat kumur

Menyikat gigi saja tidak cukup untuk mengurangi semua bakteri penyebab bau mulut. Pasalnya, ada bagian yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Oleh karena itu, gunakan juga obat kumur atau mouthwash agar mulut Anda benar-benar bersih dari bakteri dan sisa-sisa makanan.

Anda bisa memilih obat kumur yang mengandung bahan antiseptik alami, seperti eucalyptolmentholthymol, dan methyl salicilate. Bahan-bahan ini diekstrak dari tanaman yang umum dipakai sebagai obat tradisional dan telah terbukti membantu mengurangi hampir semua bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut.

3. Perbanyak minum air putih

Bau tidak sedap pada mulut juga bisa disebabkan oleh mulut kering. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas atau 2 liter per hari. Banyak minum air putih tidak hanya mampu mengatasi bau mulut, tetapi juga mampu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

4. Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur dan mencegah mulut kering. Air liur berfungsi sebagai pembersih mulut alami yang bekerja dengan cara “membilas” sisa makanan dan bakteri penyebab bau mulut. Agar tidak malah menimbulkan kerusakan pada gigi, pilihlah permen karet yang bebas gula.

5. Hindari konsumsi makanan dan minuman penyebab bau mulut

Beberapa makanan yang beraroma tajam, seperti bawang putih atau bawang bombai mentah, bisa meninggalkan bau tidak sedap di mulut, begitu juga dengan kopi dan minuman beralkohol. Oleh karena itu, hindarilah mengonsumsi makanan atau minuman tersebut. Bila ingin mengonsumsi makan dan minuman ini, segeralah berkumur atau sikat gigi setelahnya.

Buah-buahan dan sayuran seperti apel, jeruk, timun, dan wortel bisa membantu menyegarkan mulut dan mengurangi bau tidak sedap. Selain merangsang produksi air liur, buah-buahan dan sayuran ini juga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi bakteri di dalam mulut.

Makanan dan minuman lain yang juga dapat mengurangi bakteri di dalam mulut adalah kacang-kacangan, yogurt, dan teh hijau.

6. Berhenti merokok

Selain karena bau dari asap rokok, bau mulut pada perokok juga disebabkan oleh bahan kimia di dalam rokok yang memudahkan terjadinya peradangan dan infeksi pada gigi dan gusi. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan mulut kering.

Bau mulut sebenarnya dapat diatasi sendiri dengan melakukan cara-cara sederhana di atas secara konsisten. Namun, bila bau mulut belum juga hilang setelah beberapa minggu, kemungkinan ada masalah lain yang menyebabkannya.

Jika bau mulut sulit hilang, apalagi bila disertai gigi goyang atau nyeri dan bengkak pada gusi, periksakanlah ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (Red)

Check Also

Anggota DPRD Dorong Pemkot Tangerang Bangun Sarana Utilitas

Anggota DPRD Dorong Pemkot Tangerang Bangun Sarana Utilitas

  MetroBanten, Tangerang – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang menyoroti banyaknya galian di ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup