Korea Selatan 2-1 Portugal: Hee-Chan Hwang Mengirim Korsel ke 16 Besar

Korea Selatan 2-1 Portugal: Hee-Chan Hwang Mengirim Korsel ke 16 Besar

Metrobanten – Korea Selatan secara dramatis mencapai babak 16 besar di Piala Dunia 2022 melalui gol yang dicetak setelah Hee-Chan Hwang mencetak gol kemenangan pada menit ke-91 untuk mengalahkan Portugal 2-1 di Al Rayyan.

Timnas Portugal mengamankan tempat pertama di Grup H Piala Dunia 2022, meski kalah 2-1 dari Korea Selatan, di babak ketiga dan terakhir penyisihan grup. 

Hanya dua kali sebelumnya dalam sejarah mereka Korea Selatan melaju ke babak sistem gugur Piala Dunia, tetapi penyerang Wolves Hwang bangkit dari bangku cadangan untuk mengirimkan kemenangan cara yang dramatis.

Jalannya Pertandingan

Portugal mengejutkan tim Korea Selatan dengan entri yang kuat dan gol cepat dari Ricardo Horta, yang dicetak pada menit keenam. 

Diluncurkan oleh Pepe, full-back Diogo Dalot dengan bebas pergi ke lorong kanan dan membuat umpan silang yang sempurna untuk diselesaikan Horta.

Membutuhkan kemenangan untuk mengobarkan impian lolos ke tahap selanjutnya, Korea Selatan tidak melucuti senjatanya. 

Sebaliknya, tim Paulo Bento mencari hasil imbang, yang terjadi setelah sepak pojok, pada menit ke-27. 

Bola memantul dari punggung Cristiano Ronaldo sebelum jatuh ke Young-Gwon Kim, yang mencetak gol.

Babak Kedua

Di babak kedua, tim Asia menunjukkan diri mereka lebih longgar dan lebih jelas dalam menguasai bola. Sudah di penghujung hari, mereka berhasil menang dalam serangan balik cepat. 

Sadar permainan timnya tidak berkembang, Fernando Santos melakukan tiga pergantian langsung di menit 65.

Cristiano Ronaldo, Ruben Neves dan Matheus Nunes ditarik keluar digantikan Andre Silva, Rafael Leao dan Joao Palhinha. Paolo Bento juga membuat satu pergantian di mana Hwang Hee-Chan masuk menggantikan Lee Jae-Sung.

Di menit 70, Korea Selatan nyaris membalikkan kedudukan melalui tembakan keras terarah dari Son Heung-min. Namun Joao Cancelo sukses memblok tembakan bagus itu.

Setelah sepak pojok untuk Portugal, yang berhasil ditebas pertahanan Korea Selatan, Son melakukan serangan balik dan membantu Hee-Chan Hwang mencetak gol kemenangan pada menit ke-91 untuk mengalahkan Portugal 2-1 di Al Rayyan yang membuat tim asuhan Paulo Bento juga lolos ke babak 16 besar.

Dengan hasil ini, Equipe das Quinas yang sudah lolos ke babak 16 besar menempati posisi pertama Grup H dengan raihan enam poin. 

Korea Selatan, sebaliknya, menutup penyisihan grup di tempat kedua, dengan empat poin seperti Uruguay, tetapi dengan keunggulan gol yang dicetak (4-4 melawan 2-2).

Selasa depan, Portugal akan menghadapi Swiss, yang menempati posisi kedua di Grup G.

Susunan Pemain

Korea Selatan (4-3-3): Seung-gyu; Jin-Su, Young-Gwon, Kyung-Won, Moon-Hwan; Kang-In, Woo-Young, In-Beom; Heung-min, Gue-sung, Jae-Sung

Portugal (4-3-3): Costa; Cancelo, Silva, Pepe, Dalot; Vitinha, Neves, Nunes; Mario, Ronaldo, Horta

(Arsa)

Back to top button