Berbekal kamera Hasselblad yang dibuat di Swedia, DJI Mavic 2 Pro mampu menghadirkan kualitas pengambilan gambar menawan dengan harga jual Rp 20.190.000

Unmanned Aerial Vehicle Atau Drone, Ketahui Macam Jenis Drone dan Fungsinya Untuk Video dan Fotography

Metronamten, Lifestyle – Drone adalah pesawat nirwanak atau unmanned aerial vechil, dimana alat ini tak membutuhkan awak namun tetap dikendalikan oleh pilot. Akan tetapi pilot disini mengendalikannya dengan menggunakan remote dan dari jarak jauh.

Drone adalah salah satu gadget yang tengah digandrungi kaum milenial dari berbagai latar belakang. Banyak kawula muda yang senang bermain drone. Namun, bagi beberapa orang lainnya drone adalah sebuah alat yang mungkin masih terdengar asing.

Meski begitu drone adalah alat dengan teknologi canggih yang mampu dikendalikan serta memiliki kemampuan terbang yang cukup tinggi dan juga jauh. Untuk drone yang memiliki bentuk seperti helikopter yang memiliki desain mulitirotor ini biasa digunakan bagi drone konsumer dan juga para profesional.

Saat ini banyak yang menggunakan drone sebagai salah satu alat untuk membuat sebuah video ataupun foto. Perkembangan drone di Indonesia sendiri cukup pesat. Hal ini dikarenakan semakin banyak pengguna Drone dengan berkembangan teknologi gadget ataupun smartphone sebagai salah satu alat yang bisa digunakan untuk bermain drone menggunakan visual remote kontrol.

Penggunaan drone dewasa ini tak lagi identik dengan dunia militer. Dunia videografi pun kini turut memanfaatkan drone sebagai media pengambilan obyek. Sebagai gambaran saja, ketika melihat kemeriahan suaatu acara besar seperti karnaval, balap atraksi mobil hingga merekam kondisi tampilan wilayah alam bebas pegunungan dan sungai semua bisa terekam dengan detail menggunakan bantuan drone.

Namun hal ini bukan perkara mudah, perlu perhatian serta persiapan yang matang untuk eksekusi project seperti ini.

Artikel kali ini akan membahas beberapa hal yang perlu di persiapkan sebelum mengambil video dengan menggunakan drone bagi pemula. Berikut adalah ulasannya:

1. Pilih Jenis Drone yang Tepat

Sekedar informasi, drone memiliki banyak sekali tipe dan ciri khas yang berbeda beda. Pada dasarnya hampir semua drone bisa digunakan untuk merekam video, namun Kita harus memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Kita. Jangan hanya memperhatikan jenis atau mereknya saja. Hal yang harus Kamu ingat adalah, untuk aerial videography juga butuh kamera dengan kualitas yang bagus, meskipun bisa membeli drone yang sudah satu paket dengan kamera.

2. Jangan Lupa Lakukan Konfigurasi Kamera

Bagi para pemula pengguna drone, harus mulai rajin mempelajarinya dengan seorang ahli. Harapannya tentu saja mereka akan membimbing dalam melakukan aerial videography dan menghindari dari sejumlah kesalahan yang dapat berakhibat fatal pada drone. Salah satu yang acap kali muncul adalah lupa konfigurasi pada kamera.

Konfigurasi kamera drone harus di set up sejak awal lantaran kamera tersebut terbang bersama drone. Konfigurasi kamera cukup banyak, mulai dari blur, shutter speed, ISO, dan lain sebagainya.

3. Pengaturan Kecepatan dan getaran

Salah satu faktor penentu kesuksesan pengambilan video menggunakan drone adalah menentukan sudut kemiringan. Dalam case ini Kamu harus mengatur kemiringan maksimum drone sebesar 15°. Semakin rendah kecepatan, makan video yang dihasilkan pun akan menjadi lebih bagus.

Aturlah lambat kecepatan maksimum, misal 50° / detik maksimum. Sama seperti yang telah kita sampaikan sebelumnya, kecepatan putaran lambat juga akan membantu proses pengambilan gambar menjadi jauh lebih lancar dan tanpa gerakan bayangan dari hasil rekaman.

4. Plotting

Pastikan drone yang Kamu miliki mendukung gerakan lambat dan halus karena kecepatan dan kemiringan drone ini sangat menentukan kualitas hasil video. Gerakan yang cepat dan secara tiba tiba dapat membuat kualitas video yang Kamu ambil menjadi buruk. Oleh karenanya lebih baik awali dengan lambat dari pada terlalu cepat.

Tak perlu terburu buru untuk merekam video, ambil lah secara perlahan dan pastikan kualitas video yang Kamu ambil berkualitas.  Jangan ragu untuk mengulang pengambilan gambar untuk menghasilkan video yang terbaik.

5. Kondisi Cuaca

Dari segi pencahayaan, waktu yang paling baik untuk mengambil video aerial adalah siang maupun senja. Cahaya disaat senja memberikan kesan dramatis karena memiliki sinar yang hangat dan redup, sementara siang hari akan meratakan perspektif sebuah obyek. Nah, sebelum Kamu memutuskan untuk melakukan aerial videography akan sangat baik jika Kamu mengecek terlebih dahulu perkiraan cuaca, sehingga kamu pun tak perlu memaksakan bilamana cuaca sedang buruk.

Berbagai Jenis Drone Yang Marak di Gunakan

Saat ini seiring dengan perkembangan teknologi, jenis drone bukan hanya satu saja. Jenis drone ini dibedakan berdasarkan fungsinya. Maka tak heran jika jenis dari drone ini bermacam-macam. Hal ini karena fungsi penggunaan dari drone pun sangat banyak.

  1. Drone Militer

Sesuai dengan namanya, fungsi drone adalah untuk kepentingan bidang militer. Jenis drone yang populer pada drone militer ini ialah UAV Predator dan juga Reaper. Indonesia pun memiliki drone militer, seperti Puna Wulung, Puna Pelatuk, Puna Sriti, Puna Gagak serta Puna Alap-alap.

  1. Drone Konsumer

Jenis dari drone konsumer ini sering digunakan sebagai hobi para pengguna ataupun bisa dijadikan untuk pembuatan sebuah video maupun fotografi. Karena fungsinya yang sering digunakan untuk memenuhi hobi, maka drone ini pun dilengkapi dengan kamera yang memiliki resolusi tinggi. Beberapa drone yang biasa digunakan sebagai drone konsumer ialah DJI Mavic Pro, GoPro Karma serta DJI Phantom.

  1. Drone Mainan

Fungsi dari drone ini adalah hanya digunakan sebagai mainan saja. Selain itu, untuk drone mainan ini biasnya tidak memiliki kamera. Akan tetapi jika drone ini memiliki kamera pada bagian bawahnya, maka kamera yang digunakan pun bukan kamera dengan kualitas resolusi yang tinggi. Drone ini pun sering digunakan bagi para pilot pemula.

  1. Drone Profesional

Sama seperti drone konsumer, drone ini pun biasa digunakan sebagai alat untuk produksi sebuah video ataupun project. Sehingga kamera yang dimiliki pada drone ini tentu saja lebih baik daripada drone konsumer. Drone ini pun termasuk dalam jenis quadcopter atau drone yang memiliki 4 baling-baling. Salah satu drone profesional yang sering digunakan ialah DJI Inspire series, baik itu Inspire 1, Inspire 1 Pro atau Raw, serta Inspire 2.

  1. Drone Industrial

Drone jenis ini merupakan tingkat lanjutan dari drone profesional. Karena merupakan jenis drone lanjutan maka baling-baling yang dimiliki pun cukup banyak atau biasa disebut sebagai konfigurasi multirotor. Drone jenis ini pun sering digunakan untuk industri film besar ataupun bisa digunakan pada bidang pertanian. Drone yang digunakan pada bidang pertanian bukan untuk merekam lahan pertanian yang ada loh, melainkan untuk membantu menyemprotkan pestisida ataupun pupuk. Contoh drone yang biasa digunakan sebagai drone industrial ialah Yamaha Rmax, DJI MG1 serta DJI Matrice 600.

Saat ini pun banyak pula drone yang dimodifikasi sebagai pengantar barang. Kamu bisa mengantar kan barang dengan berat tertunu menggunakan drone pula.

Demikian lah beberapa tips aerial videografi dan jenis Drone yang bisa di gunakan. bagi yang masih pemula tak perlu terburu buru ya untuk dapat menerbangkan drone, selalu perhatikan lingkungan sekitar serta cuaca sebelum kamu melakukan kegiatan aerial ini.

Yang harus di perhatikan harga Drone per Unitnya saat ini dari bernilai 1 juta rupiah hingga mencapai 45 – 70 juta rupiah.

Memiliki sebuah drone saat ini juga sudah bukan menjadi suatu hal yang eksklusif lagi. Pasalnya, sudah banyak pabrikan yang memproduksi drone berkualitas tinggi dengan harga kompetitif. Nah, jika Anda kebetulan sedang mencari rekomendasi drone terbaik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang bisa dijadikan sebagai salah satu referensi.

 

 

 

(Suntingan Info Gadget: Bbs, Net)

Check Also

Pengurus Kaldera Periode 2020-2023 Siap Eksis Membangun Tangerang

Post Views: 866 Metrobanten, Kabupaten – Para pencinta alam dari Cikupa Kabupaten Tangerang, yang tergabung ...

Metrobanten.co.id : Menyajikan Berita Terkini, Peristiwa, Gaya Hidup, Nasional, Internasional, Bisnis, Ekonomi, Wisata, Kuliner dan Liputan Khusus.