Tradisi Sungkeman: Hari Guru di SMPN 16 Tangerang Penuh Haru

Metrobanten, Kota – Tradisi sungkeman masih menjadi etika para peserta didik di daerah-daerah seluruh Indonesia. Tradisi itu pun menjadi moment penuh haru pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) di SMP Negeri 16 Kota Tangerang.

Peringatan HGN yang jatuh setiap 25 November ini dirayakan dengan berbagai cara. Dalam momentum spesial tahun ini, siswa-siswi SMPN 16 Kota Tangerang mengungkapkan rasa sayangnya kepada guru dengan memberi setangkai bunga. Kemudian para siswa juga menyuapi guru dengan kudapan yang manis.

Kepala SMPN 16 Tangerang Jumaeni mengaku bahwa kegiatan tersebut sepenuhnya diinisiasi oleh para siswa. Sehingga, kata dia, tidak banyak peran guru di sekolahnya untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

“Momen seperti ini sangat menyentuh di hati. Bahkan saya sempat meneteskan air mata,” ujar Jumaeni di sekolah yang dipimpinnya, Jalan Veteran, Kota Tangerang, Senin (25/11/2019).

Ia mengungkapkan, meskipun Hari Guru Nasional tidak masuk dalam kategori libur nasional, tetapi akan dijadikan hari spesial di sekolah yang dipimpinnya.

“Ke depannya kegiatan seperti ini akan rutin digelar, selain acara sungkeman akan ada lomba tumpeng, pentas seni, hingga gelar karya siswa,” ucapnya.

Sementara Ketua PGRI Kota Tangerang Jamaluddin yang hadir dalam kegiatan tersebut pun mengapresiasi para siswa SMPN 16 Kota Tangerang.

“Jangan sampai di sini saja kalian menunjukan rasa sayang kepada para guru. Tapi ingat saat sukses nanti, bahwa kalian pernah belajar dan mendapat ilmu di sini,” ucap Jamal kepada para siswa.

Pria yang juga menjabat Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tangerang ini berharap, momentum Hari Guru Nasional tahun ini dapat menjadikan siswa lebih menghormati guru.

“Jangan sampai menjadi generasi pelapor, tetapi menjadi pelopor perubahan bangsa,” tandasnya. (Hel)

Check Also

Komisi IX DPR Soroti Akurasi Pengelolaan Data PBI-JKN BPJS Kesehatan

Komisi IX DPR Soroti Akurasi Pengelolaan Data PBI-JKN BPJS Kesehatan

  MetroBanten, DPR – Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene menyoroti akurasi pengelolaan ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup