Tips Ringan ala TSF Honda cara Pengamanan Sepeda Motor dari Aksi Pencurian

Tips Ringan dari Honda, Pengamanan Kendaraan Sepeda Motor dari Aksi Curanmor
Semua tingkat keamanan motor pastinya punya peluang ditembus. Tetap disarankan menggunakan kunci ganda.

 

Metrobanten, Jakarta – Makin aman korban, makin pintar maling” kira – kira itulah pribahasa yang berkembang dimasyarakat terkait “kreativitas” pencuri kendaraan roda dua alias curanmor (Pencurian kendaraan bermotor).

Seakan tanpa kendala, hanya dalam hitungan detik pencurian sepeda motor bisa terjadi.

Berikut tips aman ala Technical Service Function (TSF) Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) untuk menjaga keamanan sepeda motor kesayangan.

“Semua tingkat keamanan motor pastinya punya peluang ditembus. Tetap disarankan menggunakan kunci ganda di area lain misal kunci disc, alarm dan sebagainya,” jelas Mukti, Instruktur TSF Wahana membuka pesan terkait keamanan sepeda motor.

Baca juga: Truk Pengangkut Paket Terbakar di Tol Tangerang-Merak

Pesan tersebut merupakan himbauan terkait dengan semakin ‘canggihnya’ maling sepeda motor dalam menyikapi perkembangan teknologi keamanan standar pabrikan.

Meski seluruh produk khususnya Honda telah melengkapi keamanan kunci dengan penambahan tutup magnet lubang kunci, hal ini tidak persulit pencurian kendaraan motor yang hanya dilakukan dalam hitungan detik.

Mukti menyarankan ada baiknya untuk memperlambat upaya pencurian motor, stang motor terparkir yang biasa kesebelah kiri kini dibalik kesebelah kanan.

Baca juga: Debit Sungai Ciberang Meningkat, BPBD Lebak Tetapkan Status “Awas” Banjir

“ Ketika parkir membalikan stang motor kearah kanan bisa menambah waktu pencurian namun tetap dapat diakali oleh pencuri,” jelasnya.

Untuk produk premium Honda, pabrikan telah menggunakan sistem keyless sehingga motor tidak memiliki lubang kunci stater.

Namun, sekali lagi meski demikian, pencurian bisa dilakukan dengan cara memalsukan sinyal sistem dan waspadalah ketika meminjamkan motor usahakan peminjam tidak mengetahui nomor pin (barcode) bawaan untuk menekan kemungkinan pencurian dengan menggunakan operasional darurat.

Menurutnya, jalan terbaik demi mengamankan sepeda motor, perlu ketelitian dan rasa waspada pemilik kendaraan. Perhatikan kondisi keamanan lingkungan ketika meninggalkan motor dalam jangka waktu cukup lama.

Tambahkan beragam kunci pengaman yang bisa dibeli di bursa otomotif baik berupa kunci disc, kunci handle rem, bahkan gembok yang dapat diaplikasikan di gear bagi sepeda motor yang menggunakan rantai.

“ Tidak mengenal waktu, kondisi dan tempat, musibah kehilangan sepeda motor bisa terjadi kapanpun pada siapapun. Tingkat pencurian roda dua adalah satu tingkat kriminal yang banyak terjadi di seluruh wilayah, “ katanya.

Ditambahkan, kewaspadaan terhadap keamanan pemi lik adalah ‘kunci’ yang terbaik ketika meninggalkan sepeda motor di suatu lokasi dan dalam jangka waktu yang lama. (Red)

Check Also

Bupati Zaki Tinjau Vaksinasi di Kosambi dan ICE BSD Pagedangan

Bupati Zaki Tinjau Vaksinasi di Kosambi dan ICE BSD Pagedangan

  Metrobanten, Tangerang – Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar melakukan pemantauan dan monitoring penyuntikan vaksinasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup