Kontingen APEKSI Ikut Meriahkan Pembukaan Festival Budaya III Tahun 2019

Metrobanten, Kota – Kontingen Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) turut meriahkan Pembukaan Festival Budaya III Tahun 2019 yang di selenggarakan oleh Pemkot Tangerang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), bertempat depan Puspem Kota Tangerang, Kamis (5/12/19) sore.

Parade budaya yang diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang ini menjadi pembuka rangkaian kegiatan dengan peserta dari 9 (sembilan) wilayah dan pegawai dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di Pemkot Tangerang.

Wali kota Tangerang Arief R Wismansyah menyebut bahwa pesertanya dari sembilan kota yang tergabung dalam Komisariat Wilayah III APEKSI, dan dua negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura serta dua rombongan dari Benua Eropa yakni Italia dan Belanda.

Melalui parade yang menyuguhkan akulturasi dari berbagai macam budaya yang ada di Indonesia, Arief menaruh harapan besar perihal pelestarian budaya di Kota Tangerang.

“Semoga Festival Budaya Nusantara III ini dapat memperkaya khasanah budaya Indonesia dan bisa menjadi salah satu ajang dalam melestarikan kebudayaan, menambah wawasan yang ada di Kota Tangerang terlebih di Indonesia,” ujar Arief.

Lebih lanjut, Arief menyebut bahwa perhelatan tahun ini sangat amat spesial karena di ikuti oleh berbagai Kota dari Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), semoga ini menanbah corak nilai-nilai budaya Kota Tangerang yang terus kita sosialisasikan kepada masyarakat.

“Pastinya kita ingin adanya peningkatan setiap tahunnya, maka dari itu Pemerintah Kota Tangerang dengan dukungan dari semua pihak. Kita berharap nantinya kegiatan ini bisa ditingkatkan dari 3 negara menjadi 25 kota atau lebih banyak lagi,” katanya.

“Festival Budaya Nusantara ini bukan sekedar event tahunan, tapi menjadi program Kota Tangerang Kota yang layak di kunjungi,” sambung Arief.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Rina Hernaningsih menuturkan, perihal kegiatan Festival Budaya Nusantara III tahun ini menampilkan parade budaya dari masing-masing anggota dalam APEKSI.

“Ada 11 anggota dalam parade yang ada, untuk yang lainnya ikut dalam pameran UMKM,” ungkap Rina.

“Ada Tarian Kolosal Nyimas Melati serta video mapping, wayang golek, berbagai lomba seperti lomba barongsai, lenong, gambang kromong, fotografi dan banyak lagi,” tambahnya.

“Pokonya datang dan saksikan Festival Budaya Nusantara III, masih ada sampai tanggal 8 Desember 2019, ini pesta buat warga Kota Tangerang. Dijamin bakal seru,” ajak Rina.

Sementara, Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo sangat mengapresiasi perhelatan Festival Budaya III tersebut. Dimana semua tamu APEKSI dan masyarakat sangat terhibur dengan sajian pembukaan yang sangat meriah.

“Terlebih tahun ini festival budaya nya di ikuti oleh tiga negara dan para peserta APEKSI dari berbagai daerah. Ini sangat inspiratif ternyata dengan masyarakat yang heterogen ternyata masyarakatnya cinta damai dan dapat menjaga persatuan juga kesatuan,” katanya.

Diketahui, diakhir pembukaan dimeriahkan dengan Tari Sajojo yang merupakan salah satu tarian tradisional berasal dari Papua. Tarian ini juga termasuk jenis tarian pergaulan yang bisa ditarikan oleh siapa saja, baik pria maupun wanita, tua maupun muda. Dalam kesempatan tersebut, Wali kota, para OPD dan seluruh peserta APEKSI, juga masyarakat turut berbaur menari Sajojo. (Adv)

Check Also

Gubernur WH: Proyek Strategis Nasional Menjadi Tanggung Jawab Bersama

Post Views: 833 Metrobanten, Banten – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) meminta agar pemerintah daerah ...

Metrobanten.co.id : Menyajikan Berita Terkini, Peristiwa, Gaya Hidup, Nasional, Internasional, Bisnis, Ekonomi, Wisata, Kuliner dan Liputan Khusus.