Bersertifikat Sehat : Dekati Hari Raya Idul Adha, Pedagang Hewan Kurban Laris Manis

Metrobanten, Kota – Mendekati Hari Raya Idul Adha 1440 H, pedagang hewan kurban semakin banyak, namun masyarakat harus teliti untuk memastikan kesehatannya. Apakah layak untuk dikurbankan atau tidak, Kamis (8/8/19).

Berdasarkan rekomendasi dari Dinas Ketahanan Pangan, hewan kurban yang sehat memiliki ciri-ciri sebagai berikut; hewan memiliki mata yang bening, hidung basah serta air liur tidak berlebihan. Lalu mukosa atau gusi pada sapi berwarna merah muda, tidak pincang, tidak kejang-kejang atau melengkungkan punggung.

Tidak pula ada tanda-tanda kesakitan, bengkak abnorman, bisul, luka memar dan patah. Selanjutnya, hewan yang sehat juga terdapat ciri-ciri bernafas normal dan tidak bersuara batuk atau ngorok. Kotoran konsisten normal dan tidak bernanah, warna kencing kuning-jerami serta berinteraksi dan beraktifitas dengan lingkungannya.

Pembeli juga diharapkan memperhatikan sertifikat kesehatan yang dikeluarkan oleh daerah asal hewan. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, Abduh Surahman mengatakan, sebaiknya masyarakat Kota Tangerang yang membeli hewan kurban untuk mengecek terlebih dahulu kesehatannya serta mengecek apakah hewan tersebut sudah dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan hewan.

“Pastikan membeli hewan yang telah diperiksa oleh dokter hewan/veteriner yang dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan hewan dari daerah asal, khusus untuk Kota Tangerang akan ditempelkan stiker khusus,” jelas Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Abduh Surahman. 

Sementara pedagang daging kurban Darmawan di Jalan Makam Pahlawan Tangerang mengatakan, hewan kurban yang di jual tersebut sudah bersertifikat sehat dari pemerintah setempat bahkan sudah diberikan stiker oleh Dinas Peternakan.

” Alhmadulillah hewan kurban kita sudah bersertifikat dan ada stiker sehat dari pemerintah setempat. Lima hari yang lalu sudah dicek kesehatannya,” jelas Darmawan.

Darmawan menjelaskan, dirinya sudah setiap tahun menjual hewan kurban yang langsung di bawa langsung dari peternakan Garut.

“Jadi memang sudah sehat dari peternakan,” jelasnya lagi.

Dengan sehatnya hewan kurban yang ia jual, Darmawan pun mengaku bahwa hewan kurban yang dijualnya terus ada peningkatan meskipun tidak banyak.

“Ya, setiap tahun penjualan terus meningkat. Karena kambing domba yang kita jual tidak terlalu mahal hewannya pun sehat. Kita jual dari harga 3jt hingga 7jt per ekor,” tukasnya.
(Ds)

Check Also

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan, Perhatikan Pola Makan  

Post Views: 904 Metrobanten, Wilayah provinsi Banten saat ini telah memasuki musim hujan. Setelah terik ...